Apa Itu SEM (Search Engine Marketing) Dan Panduan SEM Terbaik

Apa Itu SEM (Search Engine Marketing) Dan Panduan SEM Terbaik

Apa itu SEM( Search Engine Marketing ) dan Pentingnya Untuk dilakukan .Pada Kesempatan Kali ini Becack Code akan membahas tentang SEM. Ada banyak sekali istilah dalam dunia marketing secara online. Salah satunya SEM(Search Engine Marketing).

Kita semuanya tahu bukan seseorang sering melakukan penelusuran menggunakan (keyword) kata kunci melalui mesin pencari.

Itu dikarenakan Elo butuh informasi bukan?

Informasi itu sangat luas, contohnya:


  • Penawaran produk.
  • Pencarian konten blog.
  • Alat bantu(tools online).
  • Dan lain-lain.

SEM artinya Elo berusaha untuk mendapatkan visitor/pengunjung untuk traffic website secara organik dari mesin pencari.

Entah itu secara beriklan ( adversting ) ataupun gretongan.

Nah unutk itulah Search Engine Marketing. Biasanya berhubungan dengan situs website.

Lalu apa itu sebenarnya pengertian dari SEM dan bagaimana melakukannya?

Meski memang benar SEM bagian dari strategi pemasaran menggunakan media digital.

Tapi masih menjadi turunan dari internet.

SEM juga sering di lakukan menggunakan jasa periklanan(adverstings) melalu mesin pencari seperti:


  • Google Ads.
  • Bing Ads.



Tujuannga sudah jelas untuk mempercepat proses pengenalan produk dan merk Elo.

Apa itu SEM?


Search Engine Marketing atau sering di singkat(SEM) merupakan teknik mempromosikan produk melalui media  online website dan melibatkan mesin pencari. Tujuannya untuk mempercepat proses meningkatkan visibilitas terhadap pengguna internet.

Ada 2 macam jenis pemasaran yang termasuk dalam kategori SEM.


Apa saja itu?

Pencarian berbayar: Beriklan menggunakan Google,Bing ataupun yahoo,dan masih banyak lagi…
Pencarian organik: Optimasi website untuk mesin pencari.
Meski mempunyai cara yang berbeda. Tapi mempunyai tujuan yang sama. Yaitu mendatangkan pengunjung tertarget untuk kampanye website Elo.

Biasanya Search Engine Marketing berlaku untuk semua jenis website.

Perusahaan-perusahaan besar di zaman sekarang sudah hampir umum menggunakan media internet untuk proses pemasarannya.

Tapi dalam promosi tersebut biasanya bisa juga di lakukan kelas UKM.

Meski membutuhkan biaya kami rasa sesuai untuk bisnis. Kalau Ello sudah tahu caranya. Karena anggaran yang di butuhkan tergolong murah tidak terlalu besar dan bisa di analisa sesuai kebutuhan.

Mengapa harus SEM?


Kalau Elo adalah  pemilik usaha yang menjalankan bisnis apapun itu,seperti:


  1. Penjualan produk.
  2. Konten.
  3. Program publisher iklan.
  4. Developer Web.
  5. Saas.
  6. Pengembang Aplikasi.


Pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari seperti Google,bing,yahoo,ducduckgo ataupun yandex.ru.

Dengan adanya mesin pencari dapat memudahkan orang untuk mencari informasi apapun itu yang di butuhkan.

Kalau Elo tidak memanfaatkan mesin pencari untuk melakukan pemasaran produk. Sama saja dengan meloloskan peluang untuk perkembangan bisnis Elo.

Tapi menjalankan  SEM tidak semudah yang kita kira. Karena dalam proses promosinya sedikit berbeda dengan pemasaran lokal atau jadul.

Tapi ada banyak manfaat yang bisa Elo dapatkan dari menerapkan Search Engine Marketing,seperti:


  1. Meningkatkan konversi.
  2. Menjangkau audience lebih luas dan tertarget.
  3. Menciptakan brand awarennes.
  4. Membuat engagement.
  5. Semua itu bisa Elo lakukan dengan mudah dan tepat.


Ada banyak istilah dari SEM seperti:keyword,CPC(Cost Per Click),CPM.

Sebelum Elo bisa memulai beriklan tentu harus memahami ketiga hal tersebut.

Tujuannya agar Elo bisa memaksimalkan ROI untuk target Elo.

Singkatnya seperti ini:

Keyword: Kata kunci untuk tujuan Elo.

CPC: Cost-Per-Clic artinya harus membayar setiap adanya iklan yang di klik dari mesin pencari.
CPM: Cost Per Thousand Impressions Elo harus membayar setiap 1000x iklan tayang.
Sebenarnya masih banyak istilah yang perlu Elo ketahui sebelum bisa beriklan agar berhasil.

Tapi dari dasar-dasar tersebut nantinya Elo akan terbiasa karena tidak sulit untuk di mengerti.

2 Tipe Pemasaran Mesin Pencari
Hampir semua pemilik website bisnis dengan menggunakan 2 metode SEM. Pasti ingin websitenya mudah di temukan dan di cari orang untuk mendapatkan pengunjung secara organik.

Ada 2 masalah yang paling sering terjadi:

Sudah bisa menempatkan website berada di peringkat tinggi 10 besar tapi tidak bisa mendatangkan pengunjung.
Jangankan untuk mendapatkan pengunjung. Mendapatkan peringkat tinggi saja susah.
Dari kedua masalah tersebut pasti tidak asing dan pernah di alami pemilik website.

Jangankan membuat konversi untuk penjualan. Karena itu Elo harus bisa membuat orang mencari Elo.

Nah itu masalah kita harus bisa menempatkan website di halaman pertama.

Dengan adanya metode SEM ini untuk bisnis kami rasa sesuai. Mengapa?

Kalau di bisnis jadul kita harus menghampiri calon pelanggan. Sedangkan dengan memanfaatkan internet Elo bisa menjangkau calon pelanggan secara cepat dan meningkatkan kesuksesan.

Pencarian Berbayar(Adversting)



Contoh dari SEM(Pencarian berbayar/Beriklan)
Kalau Lo ingin mempromosikan produk Elo secara tepat pencarian berbayar jawabannya.

Tapi tunggu dulu,sebelum Lo bisa melakukan kampanye iklan.

Tentu Elo harus mempunyai anggaran yang tidak sedikit dan harus di lakukan secara berkala.

Minimal Rp.450.000 untuk Google Ads. Ada banyak istilah dan jalan yang bisa anda lakukan dengan beriklan di Google.

Tujuannya sudah jelas mendapat konversi untuk target Elo.

Apakah kita langsung beriklan sekarang?

Jangan, kami katakan tunggu dulu!

Kalau Lo tidak ingin rugi.

Kalau hanya beriklan semua orang juga bisa. Tapi ingat untuk bisa memaksimalkan kampanye,Elo harus mempunyai strategi.

Tujuannya?

Banyak orang yang sudah rela mengeluarkan biaya hanya dengan beriklan tapi belum tentu membuat konversi yang tinggi.

Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Kalau Lo hanya mengandalkan uang untuk promosi. Kami jamin anda bisa kemungkinan gagal.

Coba jawab pertanyaan ini:

Apakah Elo sudah mempunyai target?
Apapun konversi yang lo inginkan harus mempunyai target sebelum beriklan.

Apakah sudah mengenal audience Lo?
Kalau Elo belum bisa mengenal calon pelanggan,lebih baik tahan dulu.

Apakah kampanye yang sukses bisa di lakukan hanya sekali?
Belum tentu,karena di lapangan itu kadang berbeda. Rencana itu luar biasa pentingnya.

Aktivitas promosi harus tetap di lakukan. Karena bisnis itu investasi berharga.

Apa saja yang kita rencanakan?

Tahap ini ada hubungannya dengan pencarian organik.

Pencarian Organik


Kalau Elo ingin melakukan pemasaran melalui mesin pencari dengan SEM.

Minimal lo harus bisa paham SEO,tidak harus menjadi ahli dasar-dasar juga bisa.

Wah, apa itu SEO?

Teknik untuk mendapatkan peringkat tinggi secara gratis.

Apa saja yang mempengaruhi SEO untuk meningkatkan ranking website?

Ini ada hubungannya dengan perencanaan untuk pencarian berbayar.

Singkatnya seperti ini:


  • Kata kunci/Keyword.
  • Meta Title /Judul.
  • Link.
  • Deskripsi.


Kalau pun Elo tidak ingin menggunakan berbayar dengan beriklan. SEO menjadi pilihan tepat.

Tapi ingat dalam SEO itu hasilnya tidak bisa instan seperti beriklan. Misalkan lo sekarang ingin website tamil di halaman pertam akan langsung bisa dengan di bantu support dari pihak penyedia jasa mesin pencari.

Artinya SEO harus selalu lo terapkan.

Untungnya kami punya beberapa panduan yang bisa Elo praktekan untuk bisa menerapkan optimasi mesin pencari.

Demikian adalah Pembahasan Tentang Search Engine Marketing.Semoga dapat membantu dan Memberikan manfaat bagi Elo Elo semuanya.Wassalam
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://becakcode.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts
loading...

More posts

Comments

Post a Comment