Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin PKL SMK Terbaru


Hallo Sahabat Becode ,Pada Kesempatan Kali ini saya akan membagikan Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin (PKL) SMK Terbaru . Praktek Kerja Lapangan adalah kegiatan dimana para siswa/siswi dapat mempraktekkan yang telah mereka pelajari disekolah dan menerapkannya di dunia kerja. PKL tentunya berbeda beda sesuai dengan jurusan dan keahlian masing masing. Namun saat membuat laporan (prakerin) praktek kerja lapangan, maka intinya sama saja.

Cek juga Lainnya Cara Membuat Kata Pengantar yang baik dan Benar di bahas Secara Lengkap

Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin SMK Terbaru


Latar Belakang

  Pelaksanaan praktik kerja industri (Prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan( SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang .
    Tujuan adanya prakerin adalah guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industry yang relevan dengan kemampuannya masing masing.

Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi nya, SMK Negeri 1 Banjar melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori yang berada di sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana pekerjaaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.

1. Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin PKL SMK 


    Kegiatan praktek kerja (PKL) merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa yang melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian dalam dunia kerja sebagai bekal untuk bekerja secara profesional.

    Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapkan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah “Praktek Kerja Industri atau bisa kita singkat (PRAKERIN)”.Atau disebut juga dengan “Pendidikan Sistem Ganda (PSG)”.

    Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional  yang memadukan secara sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.

    Keahlian profesional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja.Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.

2. Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin SMK Kedua


      Untuk dapat berkiprah dalam peraturan persaingan global, Indonesia memerlukan keunggulan. Faktor utama yang sangat menentukan keunggulan adalah tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan memiliki ilmu pengetahuan dan Ilmu Teknologi , agar dapat menghasilkan produk maupun jasa yang layak dan dapat diunggulkan pada persaingan global, baik masa kini maupun masa yang akan datang.

    Artinya, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian profesional. Tenaga kerja yang akan terlibat dalam proses produksi akan menentukan mutu, biaya produksi, efisiensi waktu dan penampilan akhir dari  produk industri barang maupun jasa yang menjadi faktor penentu kemampuan bersaing.

    Sejalan dengan kondisi tersebut, GBHN (Garis Besar Haluan Negara)1993 telah memberikan arah yang jelas tentang misi pembangunan Indonesia dalam menghadapi tantangan perkembangan di masa mendatang, yakni menitikberatkan pembangunan jangka panjang II dan pelita IV pada pembangunan ekonomi seiring dengan perkembangan sumber daya manusia (SDM).

    Pendidikan sebagai pranata utama pembangunan sumber daya manusia (SDM) harus secara jelas berperan membentuk peserta didik menjadi asset bangsa, yaitu SDM dengan keahlian profesional yang dimiliki dapat menjadi  produktif dan berpenghasilan serta mampu menciptakan roduk – produk unggul industri Indonesia ini yang siap menghadapi persaingan di pasar modal. 

    Keahlian profesional yang harus dikuasai pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Unsur ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari di sekolah, sedangkan unsur kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan, tetapi dapat dikuasai melalui proses pembiasaan penentuan kadar keprofesionalan seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri, karena itulah tumbuh suatu ukuran keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.

    Praktek Kerja Industri atau juga bisa di bilang Prakerin adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan keahlian dan kejurusan yang memadukan secara ringkas program pendidikan di sekolah dan program penguasaan teknik keahlian yang diperoleh melalui bekerja secara langsung di dunia kerja yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu.

    Dalam pengertian tersebut, tersirat ada 2 pihak, yaitu lembaga pendidikan pelatihan dan lapangan kerja yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan. Kedua belah pihak harus secara sungguh – sungguh terlibat dan bertanggung jawab mulai tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta didik,  serta upaya pemasaran tamatanya.



Demikian yang dapat sampaikan tentang Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin SMK PKL Terbaru. Semoga bermanfaat ,dan menambah wawasan bagi anda yang sedang membuat /menyusun laporan prakerin.Wassalam

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://becakcode.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts
loading...

More posts

Comments

Post a Comment