Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website 100 % Speed Up

Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Terbaru 100% SpeedUp

Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Terbaru 100% SpeedUp-  Kecepatan dan responsivitas blog /Website itu sangatlah penting. Lalu bagaimana jika loading blog kalian sangat lambat? Ada banyak solusi, satu masalah banyak solusi. Blogger yang bijak dan cerdas akan mencari solusinya sendiri di mesin pencari Google tanpa menayakannya lagi di grup atau chat orang lain .

Faktor terbesar yang menentukan cepat atau lambatnya loading blog adalah template dan konten yang ada di dalam blog tersebut. Walaupun template sudah ringan tapi kontennya kebanyakan media loading blog akan menjadi sangat lambat dari keadaan normalnya.

Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website

Kecepatan loading blog dapat mempengaruhi posisi suatu blog pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Banyak bloger pemula yang hanya mementingkan tampilan saja dan mengesampingkan kecepatan loading blog.



Lalu bagaimana cara mempercepat loading blog? Di sini Becak Code akan memaparkan beberapa cara untuk mempercepat loading blog.



1. Gambar Dari Server Blog Sendiri 


Kita bisa mendapatkan gambar dari situs mana saja. Tapi ingat, harus menjaga etika dalam mengambil gambar, jangan asal-asalan. Bloger pemula biasanya langsung memasang URL gambar pada blognya. Tapi alanglah baiknya kita mengunggahnya kembali ke server blog kita sendiri. Mengapa demikian?

Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website 100 % SpeedUp

Karena ketika browser memproses gambar yang akan ditampilkan, maka yang dikomunikasikan bukan hanya satu server gambar saja tapi banyak, itu tergantung jumlah gambar yang dipasang. Kemudian apabila kita mengunggahnya kembali di blog, browser akan memproses komunikasi ke satu server saja.


Sekali lagi, saran Becak Code silahkan buat dan edit gambar sendiri supaya terlihat originalitas dan keunikan blog yang kalian miliki. Orang mengedit dan membuat gambar memiliki ciri-ciri khusus atau kekhasan tersendiri yang berbeda dari orang lain.



2. Menghapus Widget Yang Kurang Diperlukan


Mengapa Becak Code mengatakan widget alay? Widget yang dipasang itu tentu memiliki fungsi yang vital dalam sebuah blog. Contoh widget alay yang kadang tampil di beberapa blog adalah visitor counter, online counter, slideshow gambar, dan lain-lain.





Cukup gunakan widget yang penting dan berguna ketika dipasang seperti subscribe, popular posts, label, about me, featured post dan contact form. Untuk owner blog yang sudah berpengalaman pasti sudah tidak memasang widget visitor counter lagi karena sudah ada Google Analytics dan statistik pageview bawaan.



3. Jangan Kebanyakan Memasang Iklan


Ini ada hubungannya dengan batasan memakai javascript, dan iklan sendiri kadang mengandung javascript sebagai pendukung iklan tersebut untuk bisa tampil. Di sini juga akan kelihatan mana blog yang cuma fokus uang/penghasilan dan mana yang tidak. Sobat taulah ciri-cirinya.





Saran Becak Code, pasang iklan maksimal 4 buah saja dalam satu halaman. Misalnya ada yang di atas postingan, di tengah, di bawah setelah artikel dan satu lagi ada di bagian teratas sidebar (widget). Jangan juga kebanyakan pasang iklan di bagian header, karena konten di bawahnya akan dimuat setelah iklan selesai diproses.



4. Kompres Gambar Sebelum Diunggah


Di luar sana tersedia banyak aplikasi untuk mengompres gambar sebelum diunggah baik itu untuk mobile maupun desktop. Gunanya apa? Selain menghemat pemakaian kuota internet, juga akan membuat loading blog lebih cepat dibanding menggunakan ukuran gambar yang asli.

Sobat Becak Code juga bisa cari software untuk kompress Gambar


5. Gunakan Template Versi Terbaru dan Ringan

Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website 100 % SpeedUp

Template blog yang ringan adalah template berjenis minimalis, kalian bisa menemukan jenis template ini di situs penyedia template premium atau gratis seperti soratemplates, way2templates, gooyaabitemplates dan masih banyak lagi.



Selalu mendapat update template yang sudah dipakai dari developer dimana kita sudah membeli template tersebut. Itu sangat penting, karena secara otomatis ketika mendapat update tamplate yang sudah diupdate tentunya memiliki beberapa kelebihan dari template sebelumnya.



6. Memasang Script Lazyload


Sebenarnya sudah banyak yang menggunakan trik ini untuk mempercepat loading blog agar pagespeed yang ada pada tool tertentu seperti Google Speed Insight dan GTmetrix. Trik ini memang ampuh karena cara kerja lazyload yang akan menunda proses pada konten yang terpengaruh.



Konten tersebut baru akan dimuat ketika sudah discroll dan tepat tampil pada layar (load on scroll), jika belum di scroll maka konten yang terpengaruh tidak akan dimuat. Lazyload ini banyak jenisnya ada yang untuk gambar, javascript bahkan ada untuk iklan seperti Google AdSense. Dan blog ini memakai lazyload gambar dan AdSense.



7. Jangan Menggunakan Gambar Sebagai Background


Banyak yang menggunakan gambar hanya untuk mempercantik tampilan blog. Ya memang terlihat sangat memukau dan indah namun yang jadi korban adalah kecepatan loading blog yang begitu buruk.


Saran Becak Code, lebih baik menggunakan warna saja sebagai latar karena dengan warna saja loading blog sudah cepat.

8. Mengoptimalkan Homepage 


Ini bukan satu hal tapi benar-benar beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa beban situs Anda dimuat dengan cepat, bagian homepage adalah bagian paling penting dari situs Anda karena pengunjung Anda akan  paling sering mengakses dibagian ini.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan antara lain:


  1. Tampilkan hanya kutipan saja bukannya posting model penuh
  2. Mengurangi jumlah posting pada halaman depan (Saya suka menunjukkan antara 5-6 saja post dalam homepage)
  3. Hapus widget yang tidak begitu perlu di website atau blog Anda
  4. Hapus plugin tidak aktif dan widget yang tidak perlu dalam Wordpress anda
  5. Buat tema yang minimalis, karena pengunjung Anda datang untuk konten , bukan untuk melihat widget widget anda.
  6. Secara keseluruhan, bersih dan terfokus desain homepage akan membantu halaman anda tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga memuat lebih cepat.

9. Menggunakan Jaringan Pengiriman Konten CDN)


Semua blog yang besar favorit Anda memanfaatkan ini , Seperti salah satu blog terkenal yang menggunakan Blog seperti Arlina . cara melihatnya kunjungi situsnya dan klik kanan gambarnya lalu view image dan lihat urlnya. Arlina Masugeng Kompi Ajaib adalah salah satu yang memanfaatkan CDN itu .Dan Situs Becak Code ini juga menggunakan salah satu teknik ini.



Pada dasarnya CDN atau jaringan pengiriman konten, mengambil semua file statis yang Anda punya di situs Anda (CSS, Javascript dan gambar dll) dan memungkinkan pengunjung mendownloadnya secepat mungkin dengan melayani file tersebut pada server yang terdekat dengan posisi pengunjung.

10. Menggunakan Cloudflare

Cloudflare merupakan jaringan pengiriman konten dan layanan domain name server yang didistribusikan untuk meningkatkan kinerja  website dan dapat  mempercepat loading website anda dan menyediakan keamanan juga.

 Layanan Cloudflare ini adalah gratis, namun jika situs Anda memiliki pengunjung yang besar sebaiknya Anda menggunakan paket premium. Tips ini sebenarnya sama dengan tips nomor 10 dari artikel ini, namun karena ini gratis maka saya menyarankan untuk menggunakan layanan dari CloudFlare ini.

Demikian Artikel tentang cara Mempercepat Loading Blog Atau Website 100 % SpeedUp Cepat Sampai di sini saja untuk kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://becakcode.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts
loading...

More posts

Comments

Post a Comment